Tugas 3

PERENCANAAN (PLANNING)


1.1 Perencanaan market atau pasar
        Di jaman persaingan perdagangan saat ini, wirausahawan berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk yang di harapkan akan di sukai dan di minati oleh banyak orang. Dari berbagai macam produk yang ada, produk makanan atau kuliner merupakan salah satu produk yang paling di minati oleh konsumen apalagi para pelajar dan mahasiswa. Sesuai dengan gaya hidup anak muda yang senang dalam mencoba hal baru, inovasi tahu pedas ini bisa menjadi pertimbangan. Dengan dilengakapi rasa yang pedas, cocok untuk kepribadian anak muda yang bersemangat dan pastinya akan disukai oleh mereka.
1.2 Perencanaan money atau biaya
          Dalam perencanaan keuangan kita harus pandai dan bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Baik uang kita sendiri maupun kelompok. Selain itu kita harus membuat laporan keuangan berapa jumlah pengeluaran dan pemasukan, rencanakan pemasukan dan pengeluaran sesuai target, siapkan dana cadangan saat kita butuh kekita keadaan darurat
1.3 Perencanaan method atau strategi
        Proses pemasaran usaha tahu pedas sadis ini dapat di jual dengan cara :
  1. Membuka tempat usaha di rumah
  2. Dijual di pinggir jalan raya yang lokasinya dekat dengan sekolah SMP maupun SMA.
1.4 Perencanaan material atau bahan
        Untuk membuat "Tahu Pedas Sadis" ini bahan yang di butuhkan yaitu :


  • Tahu isi kuning
  • Cabai rawit merah
  • Wotel
  • Kol
  • Tauge
  • Minyak goreng
  • Garam
  • Tepung Terigu
  • Air 
Pastikan bahan yang anda pilih itu bahan yang masih segar dan tidak basi.
1.5 Perencanaan machine atau alat kerja
         Peralatan dan perlengkapan yang harus di siapkan yaitu :
  • Plastik
  • Gerobak (Untuk yang berdagang keliling)
  • Wajan dan spatula
  • Tabung gas
  • Pencapit makanan
1.6 Perencanaan man/orang yang diajak bekerjasama
       Jika usaha "Tahu Pedas Sadis" ini berjalan dengan lancar dan sukses maka kita bisa membuka cabang di daerah yang lain, kita bisa mengajak tetangga atau saudara untuk ikut serta mengembangkan lebih luas lagi usaha kita ini. Lebih bagus lagi jika tempat usaha kita dekat dengan tempat yang ramai, banyak di kunjungi oleh orang lain.
1.7 Perencanaan Informasi
        Kita hidup di jaman yang sudah canggih, dimana informasi bisa disebar lewat handphone (hp) untuk mengembangkan usaha yang kita jalankan, kita bisa menyebarnya di facebook, twitter, instagram dan aplikasi media sosial lainnya.

PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)

2.1 Pengorganisasiaan market atau pasar
        Dalam sebuah bisnis atau usaha kecil maupun besar di butuhkan sebuah organisasi yang nantinya akan di berikan tugas untuk memasrkan produk "Tahu Pedas Gila" atau produk lainnya. Selain untuk mempererat hubungan pembeli dan penjual kita juga harus mempererat hubungan antara pemasok produk dan para pelanggan.
2.2 Pengorganisasian money atau modal
         Money (uang) atau modal merupakan dana yang diperlukan untuk membiayai suatu usaha. Baik menggunakan uang sendiri, uang bersama (kelompok) dan bisa dari lembaga lain. Dalam usaha biasanya ada yang bertugas sebagai orang yang membina tentang keuangan,  mengatur, dan mengawasi kegiatan sehari-hari serta melaksanakan kebijakan yang di buat oleh organisasi tersebut.
2.3 Pengorganisasian method atau strategi
        Dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Sekarang ini kita harus membuat usaha ini lebih maju, besar, dan menjadi pengusaha yang sukses. Tentu saja semua itu tidaklah mudah. Di dalam organisasi kita harus bertukar pikiran saling mengemukakan pendapat tentang strategi mengembangkan usaha kita ini, dengan cara menampung semua pendapat, pikirkan dengan baik dan sematang mungkin, kita lihat kondisi keuangan, pasar, bahan, alat kerja, mengajak orang untuk ikut bekerja sama serta sesering mungkin menginformasikan usaha yang kita jalankan ini. Lalu kita jalankan usaha ini dengan baik dan benar jangan sampai ada kesalahan supaya usaha kita lebih maju lagi.
2.4 Pengorganisasian Material atau bahan
         Untuk membuat "Tahu Pedas Sadis" ini setiap pegawai harus memilih bahan yang bagus serta bisa mengolahnya dengan baik.
2.5 Pengorganisasian Machines atau alat kerja
         Alat untuk bekerja adalah alat yang sangat penting, sebelum para pegawai itu bekerja alangkah baiknya jika peralatan kerja mereka di cek  kelengkapannya, perbaiki alat yang rusak, dan membeli jika ada alat yang kurang. Dalam organisasi hal tersebut sangatlah penting karena jika tidak di lakukan akan merusak usaha yang sedang kita jalani, misalnya kita sedang membuat suatu produk dan alat yang kita gunakan rusak atau tidak ada maka kita tidak bisa mengejar target pemasukan.
2.6 Pengorganisasian Man/orang yg diajak bekerjasama
         Dalam sebuah organisasi baik itu perusahaan besar atau kecil, baik itu dari usaha kecil-kecilan mengajak orang untuk bekerjasama itu penting supaya usaha kita bisa lebih berkembang. Ada yang ikut bekerjasama karena memang ingin tau dan ada juga yang hanya mencoba untuk menyakinkan mereka maka kita harus membuat visi dan misi secara bersama, pastikan harapan dan kebutuhan di ungkapkan secara jelas,  saling melengkapi kekurangan dalam usaha tersebut, menangani perselisihan dan kekecewaan serta tentukan peran atau tugas kerja untuk masing-masing pekerjaan.
2.7 Pengorganisasian Informasi
          Untuk informasi, ada bagian pegawai yang khsus dalam bidang informasi. Tugas mereka memberikan informasi kepada orang-orang untuk membeli produk mereka, ada juga yang tinggal meng share di aplikasi media sosial, karena teklogi sudah semakin canggih.

PERGERAKAN (ACTUATING)

3.1 Pergerakan Market atau Pasar
         Dalam mengembangkan usaha agar lebih maju lagi, maka pengorganisasian kita harus terencana dengan baik, berfikir kreatis sehingga kita bisa membuat sesuatu yang baru, mencatat berbagai hal secara menyeluruh, bersaing secara sehat, harus konsisten terhadap pekerjaan yang kita kerjakan, pahami tentang resiko,  fokus dan harus memberikan pelayan yang baik terhadap pelanggan.
3.2 Pergerakan Money atau biaya
          Dalam pergerakan modal usaha "Tahu Pedas Sadis" ini di butuhkan suatu usaha yang nantinya akan membuat usaha kita semakin berkembang dan dikenali orang banyak serta meningkatkan keuntungan untuk usaha tersebut
3.3 Pergerakan Strategi atau cara
         Jika sebuah usaha ingin lebih berkembang lagi, kita harus mempromosikan usaha tersebut dengan cara promosi melewati media sosial seperti instagram, facebook dan lain-lain atau bisa juga dari mulut ke mulut alias terjun langsung ke lapangan untuk mempromosikan produk usaha kita.
3.4 Pergerakan Machine atau alat kerja
        Untuk memajukan usaha sebaiknya kita harus punya peralatan yang canggih selain untuk mempercepat pekerjaan, hasilnya pin tidak akan gagal.
3.5 Pergerakan Material atau Bahan
         Agar konsumen kita tidak berpaling atau bosan, maka kita harus memperbaiki lagi rasa dari "Tahu Pedas Sadis" ini lebih enak lagi, kebanyakan orang dewasa menyukai pedas jadi kita membuat tingkat kepedasan atau level, mulai dari level 1-5
3.6 Pergerakan Man atau orang yang diajak bekerja sama
        Sebelum mengajak orang lain bekerja sama sebaiknya kita harus mengenali karakter orang tersebut telebih dahulu, sebaiknya kita memilih orang yang paham betul tentang mempromosikan usaha
3.7 Pergerakan Informasi
         Bila orang sudah mengenal usaha "Tahu Pedas Sadis" ini di harapkan mereka yang sudah tau bisa memberikan informasinya kedapa orang yang belum tau, selain mendapat keuntungan usaha ini akan semakin berkembang dan luas.
PENGAWASAN (CONTROLLING)

4.1 Pengawasan Market atau Pasar
          Dengan cara melakukan pengawasan terhadap perjanjian yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat, pengawasan terhadap kegiatan usaha dan tindakan pelaku usaha yang dapat mengakibatkan praktek monopoli atau persaingan usaha yang tidak sehat.
4.2 Pengawasan Money atau Modal
          Pada dasarnya pengawasan keuangan diarahkan sepenuhnya untuk menghindari dari penyalahgunaan uang tersebut. pengawasan ini diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijkan yang telah ditetapkan oleh kita untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.
4.3 Pengawasan Method atau Strategi
         Agar usaha yang kita berjalan dengan lancar harus memikirkan dengan matang strategi apa yang akan dilakukan agar usaha kita laku dipasaran dan lebih berkembang lagi.
4.4 Pengawasan Material atau Bahan
        Untuk bahan dipastikan kita memilih bahan yang baik dan bagus, pengawasan bahan ini deperlukan agar kualitas produk terjamin dan sesuai target.
4.5 Pengawasan Machines atau Alat 
         Pengawasan ini dilakukan untuk keselamat bekerja, sehingga kita bisa hati-hati lagi dalam bekerja
4.6 Pengawasan Man atau orang yang diajak bekerjsama
           Pengawasan ini sangat penting, seberapa besar dia paham tentang suatu usaha, dan seberapa besar dia bersungguh-sungguh untuk mengembangkan usaha yang sedang dia jalankan.
4.7 Pengawasan Informasi
        Dilakukan agar usaha kita lebih dikenal serta untuk mendapatkan keuntungan.
          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Managemen

UJIAN AKHIR MATERI (MANAJEMEN)